Selasa, 11 Oktober 2011

Resume Mata Kuliah Konsep Sistem Informasi Materi 3-4

Competing With Information Technology
Dosen : Ayuningtyas

# Tujuan

  - Mengidentifikasi strategi kompetitif dasar dan menjelaskan bagaimana TI 
    dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan kompetitif.
  - Mengidentifikasi menggunakan strategis teknologi informasi.
  - Bagaimana proses rekayasa bisnis yang sering menggunakan e-bisnis
    teknologi untuk tujuan strategis?
  - Identifikasi nilai bisnis menggunakan e-bisnis teknologi untuk manajemen 
    kualitas total, untuk menjadi pesaing tangkas, atau membentuk perusahaan
    virtual.
  - Jelaskan bagaimana pengetahuan sistem manajemen dapat membantu 
    sebuah bisnis mendapatkan keuntungan strategis.

# Kekuatan Kompetitif

-         - Kekuatan tawar konsumen.
-         - Kekuatan tawar suplayer.
-         - Persaingan dari pesaing.
-         - Ancaman pendatang baru.
-         - Ancaman pengganti.

# Strategi  Kompetitif

-         - Biaya Kepemimpinan (produsen berbiaya rendah).
-         - Perbedaan.
-         - Inovasi.
-         - Pertumbuhan.
-         - Persekutuan.
-         - Strategi Kompetitif Lainnya.

# Bagaimana memperoleh keinginan customer ?

-         - Tracking.
-         - Trend yang ada dipasar (barang yang dipasar masih ada atau habis).
-         - Produk, servis dan informasi dimanapun, kapanpun.
-         - Untuk perusahaan yang sudah dikenal, CRM harus fokus.

# Value Chain :

-             Mengirim dari proses awal sampai akhir. Setiap aktivitas yang
        diselenggarakan perusahaan harus ada nilai tambah. Kalau membuat laporan,
        tidak hanya data mentah saja.

# Proses Bisnis :

-         - Reengineering : Memikirkan ulang proses yang telah berjalan. Untuk
           mengambil/mencapai dibagian biaya , kualitas, servis.  Hasil yang lebih
           tinggi. Resiko yang harus dihadapi/harus diperhatikan.
-         - Proses yang menyilang.

# Reengineering :

-         - CRM : intranet dan internet
-         - Suplayer : internet dan extranet
-         - ERP (cross functional)
-         - Kostumer mengakses e-commerce untuk mengecek barang, status, dll.
           - Keterangan supplayer harus disediakan

# AGILITY = lincah (berkembang dengan cepat)

-         - Kemampuan perusahaan untuk berkembang dengan cepat.
-         - Global market.

# strategi :

-         - Harus menyediakan produk (suara konsumen).
-         - Bekerja sama dengan suplier, customer, competitor.
-         - Mengatur perubahan tidak diduga/secara tiba-tiba.
-         - Kemampuan dari masing-masing orang yang terkena imbas, harus
          mempertinggi kemampuan (hanya orang pilihan).

# Bagaimana IT membantu perusahaan menjadi tangkas ?

-         - Kustomer : menyediakan komunitas-komunitas. Contoh : amazon.
-         - Partner : untuk suplicing manajemen. Contoh : MSN.
-         - Operasional.


# Tacit knowledge : apa yang harus dikerjakan/dilakukan

-         - Knowledge manajemen teknik :
· dokumen harus disimpan
· informasi (diolah)
· basis data harus kuat

 Sumber Daya Komputasi dan Komunikasi Bisnis



# Terdiri atas :

-          Hardware    : Perangkat Keras
contoh        : cpu, monitor , harddisk, dll.

-          Software      : Perangkat Lunak
contoh        : program windows, dos, dll.

-          Brainware   : Pengguna / Operator
contoh        : manusia

# Klasifikasi Sistem Teknologi Informasi

-          Menurut fungsi : 
1.    embedded IT system : melekat pada produk misal VCR memungkinkan bisa merekam tayangan TV atau lift yang bisa diset waktu operasinya
2.    dedicated IT system : dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus. Contoh : ATM
3.    general purpose IT system : untuk melakukan tugas/aktivitas umum. Contoh : PC (Personal Computer)
-          Menurut ukuran :
1.    mikrokontroler
2.    mikrokomputer
3.    workstation
4.    minicomputer
5.    miniframe
6.    supercomputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar