Rabu, 14 September 2011

Resume mata kuliah Manajemen Umum, pertemuan pertama.

RESUME MATA KULIAH MANAJEMEN UMUM
#Materi Pertama


Pengertian Organisasi.
     2 orang atau lebih, yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik yang dituju.

Pengertian Manajemen.
     Suatu proses pencapaian tujuan organisasi melalui orang lain.

Pengertian Manajer.
     Orang yang bertanggung jawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.

Mengapa manajemen itu penting / perlu ?
   - Untuk mencapai tujuan organisasi
   - Organisasi terdiri dari berbagai macam orang dengan berbagai sumber daya dan berbagai tujuan. Maka
     dibutuhkan manajemen untuk menjaga keseimbangan.

Proses Manajemen.
   - Planning
   - Organizing
   - Actuating
   - Controlling

Fungsi Manajemen dibagi menjadi 2, yaitu fungsi Administratif dan fungsi Operatif.
Fungsi Administratif : Berurusan dengan penetapan tujuan dan kemudian perencanaan, pengorganisasian,
                                  pengarahan, pengkoordinasian, hingga pengawasan kegiatan-kegiatan untuk mencapai
                                  tujuan organisasi.
Fungsi Operatif        : Lebih mencakup kegiatan memotivasi, supervisi dan komunikasi dengan para
                                 karyawan untuk mengarahkan mereka mencapai hasil-hasil secara efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar